Cara Cek RAM HP Samsung 2024

Cara Cek RAM HP Samsung
Cara cek Ram HP Samsung
 2022 perlu diketahui agar bisa menyimpan berbagai aplikasi untuk proses multitasking.

Semakin besar RAM yang terpasang pada HP Samsung maka semakin cepat juga perangkat tersebut bekerja.

RAM atau Random Access Memory merupakan sebuah komponen yang sangat penting pada HP karena berfungsi untuk menyimpan data dari sistem atau aplikasi secara sementara.

Brand yang satu ini menawarkan berbagai jenis HP dengan kapasitas RAM yang cukup variatif sehingga anda bisa memilih kapasitas RAM yang ingin digunakan sesuai kebutuhan.

Melihat kapasitas RAM yang tersemat di HP Samsung terkadang memang sangat diperlukan, namun untungnya anda bisa cukup mudah melakukan hal tersebut.

Tidak dipungkiri bahwa kapasitas RAM memang termasuk salah satu aspek penting yang perlu dipertimbangkan ketika anda menggunakan sebuah HP.

Memori bertipe volatile ini secara sederhana berfungsi untuk menampung sementara berbagai macam data yang sedang diproses oleh prosesor agar aplikasi atau sistem mampu beroperasi lebih lancar.

Jika kekurangan kapasitas memori, sebuah perangkat kemungkinan tidak akan berjalan normal sehingga proses yang dikerjakan menjadi lag.

Besaran kapasitas RAM oleh karena itu sangat penting untuk diketahui, misalnya untuk memastikan apakah spesifikasi perangkat yang dibeli sesuai atau belum.

Jika anda penasaran dengan RAM HP Samsung anda, silahkan anda simak ulasan ini hingga akhir tentang bagaimana cara cek RAM HP Samsung.


Fungsi RAM Pada Smartphone


Seperti yang kita ketahui bahwa RAM merupakan komponen penting dalam sebuah Smartphone yang berfungsi untuk menyimpan data aplikasi dan sistem secara temporer.

Sehingga apabila anda menutup aplikasi, maka aplikasi tersebut tidak akan langsung keluar karena masih terdapat data aplikasi yang tersimpan dalam HP.

Semakin besar kapasitas RAM pada HP yang dimiliki, maka semakin besar juga data yang tersimpan dan bisa dikelola oleh Smartphone.

Dengan begitu kinerja dalam menjalankan aplikasi akan lebih optimal, khusus pengguna Samsung, anda bisa cek kapasitas RAM dengan ikuti tutorial cara cek RAM HP Samsung di bawah.


1. Cek RAM HP Samsung Melalui Menu Pengaturan

Cara Cek RAM HP Samsung
Cek RAM HP Samsung Melalui Menu Pengaturan
Pada dasarnya Setiap pabrik HP Android termasuk Samsung yang menyediakan pengaturan bawaan untuk melihat atau mengecek sisa total pemakaian RAM.

Namun, tidak sedikit dari pengguna yang masih belum paham cara menggunakan fitur tersebut sehingga mencari informasi terkait cara cek RAM pada HP Samsung.

Adapun salah satu cara cek Ram HP Samsung yaitu melalui menu Pengaturan pada HP yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama, silahkan anda buka menu "Pengaturan" pada HP Samsung anda.
  • Kemudian pilih menu "Device Care".
  • Setelah itu klik opsi "Memory".
  • Pada halaman selanjutnya akan muncul berbagai informasi mengenai kapasitas Ram, sisa ruang memori, aplikasi yang sedang berjalan dan lainnya.
  • Selain itu, anda juga dapat mengatur pemakaian Ram dengan cara tekan tab "Clean Now".
  • Selain informasi terkait total kapasitas yang dimiliki perangkat Samsung, anda juga dapat melihat beberapa data tambahan seperti pemakaian RAM, sisa ruang memori hingga aplikasi yang sedang berjalan.
Menariknya, terdapat juga tombol "Clean Now" pada halaman tersebut sehingga anda bisa memanfaatkannya untuk mengosongkan sebagian ruang memori.

Jika masih merasa kurang puas dengan hasil yang ditampilkan oleh halaman Memory di Pengaturan, anda juga dapat mengecek RAM HP Samsung dengan menggunakan aplikasi seperti AIDA 64 atau CPU-Z di bawah ini.


2. Cek RAM HP Samsung Menggunakan Aplikasi AIDA64

Cara Cek RAM HP Samsung
Cek RAM HP Samsung Menggunakan Aplikasi AIDA64
Selanjutnya anda juga bisa menggunakan aplikasi seperti AIDA64 yang juga sangat berguna untuk melihat sisa dan total RAM Samsung.

AIDA64 merupakan aplikasi terbaik untuk mengecek spesifikasi lengkap HP Samsung dengan berbagai fitur untuk melihat jenis RAM.

Adapun langkah-langkah cara cek RAM HP Samsung menggunakan aplikasi AIDA64 yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama, silahkan anda download dan install aplikasi AIDA64 di HP Samsung anda.
  • Jika sudah buka aplikasi tersebut dan tap pada bagian "System".
  • Setelah itu akan muncul berbagai informasi tentang HP tersebut mulai dari kapasitas RAM, tipe HP, sistem Android yang sedang berjalan, CPU dan GPU yang digunakan, Battery Health dan lainnya.
Dengan cara yang kurang lebih hampir sama seperti langkah-langkah di atas, anda juga dapat melihat kapasitas RAM di HP Samsung menggunakan CPU-Z.


3. Cek RAM HP Samsung Menggunakan Aplikasi CPU-Z

Cara Cek RAM HP Samsung
Cek RAM HP Samsung Menggunakan Aplikasi CPU-Z
Bagi anda yang tidak suka dengan hal yang ribet untuk mengecek RAM HP Samsung, anda bisa mencoba menggunakan aplikasi bernama CPU-Z.

Dimana aplikasi CPU-Z ini memiliki kemampuan dapat melihat spesifikasi pada sebuah Smartphone secara detail dan lengkap.

Langsung saja anda simak langkah-langkah cara cek RAM HP Samsung menggunakan aplikasi CPU-Z yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama, silahkan anda download aplikasi CPU-Z melalui link yang telah kami sediakan (Download CPU-Z Play Store)
  • Jika sudah buka aplikasi tersebut.
  • Kemudian ketuk tab "Device".
  • Cari keterangan Total RAM dan Available RAM.
Ada keuntungan lain saat anda menggunakan aplikasi pihak ketika baik AIDA64 maupun CPU-Z untuk mengetahui kapasitas RAM di HP Samsung.

Termasuk di antaranya anda bisa mengecek sejumlah spesifikasi perangkat secara lebih lengkap seperti Soc, layar hingga kamera.


Akhir Kata

Itulah seluruh isi pembahasan yang dapat kami jabarkan kepada anda seputar cara cek RAM HP Samsung.

Ketika ingin membeli HP Samsung baru, kapasitas RAM juga menjadi salah satu faktor penentu harga jual sebuah ponsel.

Biasanya semakin besar kapasitas RAM pada Smartphone maka performa yang dimiliki juga semakin cepat.

Oleh karena itu, rata-rata Smartphone flagship seperti Galaxy Z series dan Galaxy S series memiliki RAM dengan kapasitas yang besar.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan kepada anda mengenai cara mengecek RAM pada HP Samsung. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel