Cara Memakai Dasi Pramuka 2024

Cara Memakai Dasi Pramuka
Cara memakai dasi pramuka perlu diketahui oleh para anggota pramuka baik anggota seniar ataupun junior.

Dasi pramuka (Praja Muda Karana) atau yang sering disebut setangan leher atau hasduk adalah salah satu atribut seragam wajib bagi seorang anggota pramuka.

Bahkan, semua tingkat pramuka mulai dari Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega bahkan para pembina harus memakai setangan leher.

Sedangkan warna dari dasi pramuka ini biasanya berbeda-beda di settiap negara dan untuk Indonesia sendiri memakai warna merah dan putih sesuai dengan warna bendera negara kita.

Yang mana, Merah artinya berani sedangkan putih adalah suci, sehingga seorang anggota pramuka diharapkan bisa menjadi seseorang yang pemberani.

Memakai dasi dan seragam pramuka dengan benar dan lengkap, bisa dibilang seorang anggota gerakan pramuka telah berahlak sesuaidengan Satya dan Darma Pramuka, yakni mempunyai jiwa korsa dan berdisiplin.

Nah, berikut ini kami akan bagikan cara memakai dasi pramuka sesuai aturan terbaru dari pemerintah yang perlu diketahui.


1. Cara Memakai Dasi Pramuka

Cara Memakai Dasi Pramuka
Cara Memakai Dasi Pramuka
Sesuai dengan Keputusan Kwarnas nomor 174 tahun 2012, jika dasi anggota pramuka putri sama dengan setangan putra yaitu berbentuk segitiga sama kaki bukan lagi simpul pita.

Jujur simpul pita terlihat lebih cocok untuk seorang anggota gerakan pramuka putri, karena terkesan lebih anggun dan feminim.

Sementara kriteria Setangan Pramuka yakni berbahan kain dengan warna dasar putih dengan lis merah selebar 5 cm, berbentuk segitiga sama kaki untuk lebar dan tingginya berbeda-beda, biasanya di sesuaikan dengan tinggi badan pengguna hingga ke pinggang.

Sedangkan untuk anggota putra biasanya lebih panjang dari pada ukurang anggota pramuka yang putri

Untuk cara memakai dasi pramuka yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama, letakkan setangan pramuka di meja atau tempat rata dan datar lainnya
  • Kemudian lipat bagian bawah dari segitiga ke atas dengan lebar sekitar 8-10 cm
  • Lanjutkan melipat sampai 3x dan selanjutnya lipat lipatan yang terjadi tepat di tengah. Jadi lipatan tinggal 4-5 cm.
  • Selanjutnya angkat kerah baju Anda kemudian letakkan atau taruh setangan leher yang telah diikat lalu pasangkan di kerah baju.
  • Aturlah agar ujung kiri dan kanan dasi memiliki panjang yang sama kemudian turunkan kembali kerah baju Anda.
  • Terakhir, Anda tinggal memasangkan ring pramuka sesuai dengan tingkatan Anda saat ini.


2. Aturan Pemakaian Dasi Pramuka untuk Semua Tingkatan Anggota

Cara Memakai Dasi Pramuka
Aturan Pemakaian Dasi Pramuka untuk Semua Tingkatan Anggota
Setelah cara memakai dasi pramuka diketahui, maka selanjutnya Anda juga harus mengetahui tentang aturan dasi pramuka itu sendiri.

Pemakaian Dasi dalam Kegiatan Pramuka berdasarkan situs website Kwarnas Pramuka mempunyai aturan tersendiri, dimana untuk aturan yang diterapkan yang terbaru yaitu sebagai berikut:

Panjang dasi lebih dari 90 Cm untuk pramuka yang berada di tinggakatan Siaga, dan untuk tingkatan penggalang panjangnya adalah lebih dari 100 Cm.

Sedangkan tingkatan lainnya untuk pramuka pendega sampai dengan pembina panjang yang dimilikinya haruslah lebih dari 120 Cm sampai dengan 135 Cm.


3. Aturan Pemakaian Dasi Pramuka untuk Anggota Putri Berhijab

Cara Memakai Dasi Pramuka
Aturan Pemakaian Dasi Pramuka untuk Anggota Putri Berhijab
Tidak hanya cara memakai dasi pramuka dan aturan pemakaian untuk semua tingkatan anggota, namun kami juga akan membagikan informasi lainnya.

Informasi lain yang kami maksud adalah aturan pemakaian dasi pramuka untuk anggota putri yang berhijab yaitu sebagai berikut:
  • Bagi anggota putri yang mengenakan pakaian seragam muslim jika kerudung atau jilbab dikenakan di luar baju (tidak dimasukkan) sehingga kerah baju tidak terlihat, maka setangan leher dikenakan di luar kerudung dan tidak dikenakan di bawah kerah baju.
  • Di sekolah pada setiap hari Jumat, bagi para siswa yang mengenakan seragam pramuka dan tentunya penggunaan seragam ini harus mengikuti ketentuan yang berlaku.
  • Begitu juga dengan penggunaan hasduk atau setangan leher, karena seringkali penggunaan hasduk atau setangan leher terutama pada siswa putri berjilbab dikenakan dibawah kerudung sehingga tidak terlihat.
  • Membiasakan penggunaan yang benar memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, karena butuh kesabaran dalam mengingatkan dan butuh kesadaran diri pribadi untuk selalu taat pada aturan.

Sebagai Pembina Gugus Depan, yang bisa Anda lakukan adalah mensosialisasikan penggunaan hasduk secara benar terutama pada siswa putri berjilbab, dan bekerjasama dengan guru yang lain untuk selalu mengingatkan dan menegur bila penggunaannya kurang benar.

Walaupun bukan hal yang mudah dan seringkali yang terjadi adalah para siswa kucing-kucingan menghindar dan terkadang memberikan alasan klise seperti ada di tas, seperti dipinjam teman dan lain sebagainya, bila ditegur.

Oleh karena itu, dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan dalam menumbuhkan kebiasaan yang baik.


Alasan Anggota Pramuka Memakai Dasi Pramuka

Cara Memakai Dasi Pramuka
Alasan Anggota Pramuka Memakai Dasi Pramuka
Tidak hanya cara memakai dasi pramuka yang perlu diketahui oleh seorang anggota pramuka.

Namun alasan mengapa para anggota pramuka harus memakai dasi pramuka juga perlu diketahui, agar mereka tetap disiplin dan konsisten untuk memakainya.

Hasduk pramuka adalah kelengkapan dari seragam pramuka dan merupakan bagian dari tanda pengenal gerakan pramuka.

Dasi ini berbentuk segitiga dengan warna dasar putih dan bagian tepi berwarna merah selebar 5 cm dan telah kami jelaskan pada uraian di atas.

Sementara dasi atau hasduk ini secara umum adalah sebagai tanda pengenal seorang anggota pramuka.

Jadi, penggunaannya memang sudah diatur oleh pemerintah secara resmi yakni sesuai denga keputusan Keputusan Kwarnas nomor 174 tahun 2012.


Akhir Kata

Demikian cara memakai dasi pramuka yang perlu diketahui dan dan harus dipahami oleh semua anggota.

Karena menggunakan hasduk atau setangan leher sesuai dengan tata aturan adalah hal wajib yang harus dilakukan, agar seragam yang digunakan terlihat rapi dan seragam.

Bila belum memahami tutorial yang kami berikan, maka Anda bisa mencari informasi lengkapnya di Youtube guys.

Sekian informasi yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel