Cara Melakukan Gerakan Guling Depan

Cara Melakukan Gerakan Guling Depan
Cara Melakukan Gerakan Guling Depan
- Guling depan adalah bagian dari senam lantai, biasanya aktivitas semacam ini hanya bisa dilakukan pada saat olahraga.

Dikutip dari laman resmi Kemendikbud, senam lantai adalah bagian dari rumpun senam, sesuai sama namanya senam ini hanya dapat dilakukan hanya dilantai atau menggunakan alat matras.

Tujuan dilakukan senam lantai yaitu untuk meningkatkan kemampuan di dalam melakukan bentuk-bentuk gerakan senam lantai sendiri dan sebagai pembelajaran kemampuan supaya bisa melakukan gerakan senam menggunakan alat.

Gerakan guling depan adalah gerakan mengguling atau menggelinding ke depan menggunakan posisi membulat, sehingga di saat dalam gerakan guling depan maka gerakan tubuh harus dibulatkan biasanya hal ini disebut dengan forward roll (roll depan).

Jenis senam lantai dibedakan menjadi dua bagian yaitu senam menggunakan alat dan senam tanpa alat, sedangkan guling depan, guling belakang dan juga guling lenting termasuk ke dalam jenis senam lantai tanpa menggunakan alat.

Itulah sedikit informasi mengenai senam lantai, nah sekarang kita lanjut akan menjelaskan beberapa cara melakukan gerakan guling depan, belakang dan lenting silahkan anda simak langsung dibawah ini.

Cara Melakukan Gerakan Guling Depan

Cara Melakukan Gerakan Guling Depan
Cara Melakukan Gerakan Guling Depan
Seperti yang sudah kami sampaikan diatas, gerakan guling atau menggelinding ke bagian depan membulat itu disebut guling depan atau biasanya di sebut forward roll.

Gerakan guling ke depan ini, memiliki dua cara melakukan gerakan guling depan yaitu dengan awalan berdiri dan awalan jongkok.

1. Awalan Berdiri

Ada beberapa langkah-langkah cara melakukan gerakan guling depan yang awalannya berdiri, yaitu sebagai berikut:
  • Atur posisi sikap tegak menggunakan kedua tangan lurus ke samping badan.
  • Setelah itu, posisikan pandangan lurus ke depan melihat matras.
  • Lalu julurkan kedua tangan lurus memegang matras sambil bungkukkan badan dan posisikan kepala masuk di antara dua tangan.
  • Usahakan dagu menyentuh dada, supaya bagian tengkuk menyentuh matras dengan benar.
  • Bahu disentuhkan ke matras dan silahkan anda mulai berguling.
  • Jika sudah melakukan guling depan, atur posisi tubuh kembali berdiri tegak.

2. Jongkok

Untuk cara melakukan gerakan guling depan awalan jongkok, simak langkah-langkahnya sebagai berikut:
  • Posisikan terlebih dahulu kedua kaki ke dalam posisi rapat dan lutut menyentuh ke bagian dada dengan posisi tangan sedang berada di depan ujung kaki.
  • Selanjutnya, atur kedua tangan dalam posisi bengkok. Lalu posisikanlah dagu menyentuh bagian dada dan pundak ada di matras.
  • Silahkan mulai berguling, kemudian posisikan tubuh sesudah berguling ialah jongkok.
  • Posisi tubuh pada saat sikap akhir dalam gerakan mengguling ke depan yaitu jongkok dengan kepala menunduk dan kedua tangan di luruskan ke depan.

Cara Melakukan Gerakan Guling Belakang

Cara Melakukan Gerakan Guling Depan
Cara Melakukan Gerakan Guling Belakang
Bukan hanya cara melakukan gerakan guling depan, namun kami akan menjelaskan cara melakukan gerakan guling ke belakang atau roll belakang (back roll) adalah kelompok dari senam lantai yang mana bergerak ke bagian belakang atau dinamis.

Ada beberapa langkah-langkah cara melakukan guling belakang, yaitu sebagai berikut:
  • Sikap awal jongkok dengan kedua kaki merapat dengan tumit agak sedikit di naik.
  • Setelah itu, posisikan kepala menunduk dan dagu menyentuh bagian dada selanjutnya kaki bertolak ke lantai menghadap ke arah belakang sebagai tumpuan untuk menggulingkan badan.
  • Pada saat posisi punggung di matras, silahkan letakan tangan yang telah di tekuk ke samping telinga.
  • Kaki di angkat dan di ayunkan melewati bagian kepala, pada saat bersamaan tangan dipergunakan sebagai tempat tumpuan dan tolakan.
  • Sesudah berguling posisikan tumbuh kembali jongkok.

Cara Melakukan Gerakan Guling Lenting

Cara Melakukan Gerakan Guling Depan
Cara Melakukan Gerakan Guling Lenting
Berbeda dengan cara melakukan gerakan guling depan, guling lenting ini adalah suatu gerakan melintang badan ke arah atas depan memakai kekuatan lemparan kaki dan tolakan kedua tangan

Biasanya teknik dasar dari guling lenting di bagi menjadi tiga bagian yaitu awalan, lentingan dan akhiran dan jika ingin lebih jelas langsung saja simak setiap langkah-langkah sebagai berikut:

1. Awal

Ada beberapa langkah-langkah melakukan gerakan guling awalan, yaitu sebagai berikut:
  • Tidak seperti cara melakukan gerakan guling depan, karena awalan gerakan guling yaitu seolah-olah melakukan guling depan kaki luruskan.
  • Letakan kedua tangan di matras, dengan badan membungkuk ke bawah.
  • Kemudian letakan tengkuk di atas matras dan sikuk menekuk membentuk 30-45 derajat.

2. Letingan

Inilah langkah-langkah cara melakukan gerakan guling letingan, yaitu sebagai berikut:
  • Menggulinglah ke depan, namun sebelum melakukan guling ke depan posisikan kaki siap untuk melintang.
  • Pada saat kedua kaku melakukan lentingan ke depan.
  • Maka langkah berikutnya yaitu badan membentuk posisi kayang.
  • Lenting ini bertujuan, supaya bisa membantu didalam memudahkan badan pada saat menggangkat bagian atas dan kedua tangan.

3. Akhiran

Sikap akhir didalam gerakan dari guling melintang yaitu pastikan posisi kaki mendarat secara serentak, kemudian berdiri tegak kembali.

Kesalahan yang Seringkali Terjadi Pada Saat Melakukan Guling Depan

Cara Melakukan Gerakan Guling Depan
Kesalahan yang Seringkali Terjadi Pada Saat Melakukan Guling Depan
Ada beberapa kesalahan yang sering kali terjadi pada saat menggunakan cara melakukan gerakan guling depan yang dapat anda hindari, diantaranya:
  • Biasanya posisi kedua tangan yang tidak bertumpu dengan tepat, akan terjadi terbuka terlalu lebar atau bisa saja terlalu sempit bahkan sampai terlalu jauh ataupun sebaliknya bisa saja terlalu dekat dengan ujung kaki.
  • Tidak hanya itu saja, biasanya tumpuan yang salah satu kedua tangan kurang kuat, sehingga keseimbangan badan pun kurang begitu sempurna dan berakibat badan ikut terjatuh ke samping.
  • Bahu tidak diletakkan diatas matras pada saat tangan di bengkokkan.
  • Ketika gerakan berguling ke depan kedua tangan tidak diikuti menolak.

Akhir Kata

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara melakukan gerakan guling depan yang sudah kami sampaikan bersama teknik senam lantai.

Tidak hanya gerakan guling depan, namun kami juga menjelaskan teknik gerakan guling kebelakang dan gerakan guling melintang.

Silahkan anda simak setiap penjelasan yang sudah kami sampaikan diatas, supaya anda paham dengan teknik guling depan, belakang dan melintang.

Semoga dengan adanya informasi ini anda bisa menambah wawasan dan mampu membedakan yang mana gerakan guling depan, belakang dan lenting. Sekian dan selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel